Ini Alasan Software Procurement Lebih Transparan dan Efektif  

 

 

Banyak alasan mengapa Anda perlu memakai software procurement. Salah satu alasannya tentunya lebih efektif dan efisien. Hanya saja ternyata ada banyak hal lain yang membuat software ini perlu dipertimbangkan. Apa saja alasannya?

 

1.Semua Pihak Dapat Mengakses Informasi

 

Salah satu asas yang perlu diperhatikan dalam e-Procurement adalah transparansi dan akuntabilitas. Seluruh data dan transaksi yang berlangsung harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang terlibat. Dengan demikian proses pengadaan bisa benar-benar lebih transparansi dan pastinya lebih detail.

 

Dengan adanya internet, maka data transaksi yang sedang berlangsung hingga riwayat transaksi bisa dilihat dengan jelas. Informasi juga bisa diakses dengan cepat. Hal ini akan sangat membantu tim untuk membuat keputusan sehingga dapat melakukan follow-up sehingga proses persetujuan bisa berlangsung dengan cepat.

 

  1. Follow-up Persetujuan Bisa Dilakukan Secara Real Time

 

Dengan adanya platform e-Procurement, semua aktivitas akan dicatat. Sebut saja dimulai dengan pemilihan vendor, pembuatan quotation sampai persetujuan pemesanan. Bahkan, Anda bisa mengecek status pembayaran secara real-time. Tahap pengadaan juga tidak perlu memakan waktu lama karena bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

 

Software procurement akan membantu pelanggan dan vendor. Kedua pihak ini akan sama-sama diuntungkan. Tentunya akan jauh lebih baik karena tak perlu lagi harus menunggu kelengkapan dokumen. Berbeda dengan procurement manual yang membutuhkan waktu sampai berhari-hari.

 

  1. Laporan Dilakukan Secara Otomatis

 

Anda tak perlu lagi repot mencari laporan dari proses pengadaan yang terjadi. Dengan adanya software procurement, Anda bisa langsung mengakses semua dokumen. Cukup lakukan pencarian di kotak yang disediakan, Anda bisa menemukan file yang diinginkan. Anda juga tak perlu membuang waktu ketika mencari file satu persatu.

 

 

  1. Mencegah Penyalahgunaan Anggaran

 

Salah satu hal yang menjadi musuh bersama dari setiap perusahaan atau proses bisnis adalah penyalahgunaan anggaran. Pengadaan dengan dana besar sangat rentan dan berpotensi terjadi penyalahgunaan seperti adanya potensi mark up. Dengan software procurement, perusahaan bisa langsung meminimalisir kecurangan yang terjadi.

 

Semua kegiatan pengadaan bisa dilakukan dengan terpusat dan terbuka. Setiap orang bisa mengakses transaksi dan pemesanan. Sistem akan langsung merekam semua riwayat transaksi dan pemesanan. Maka hal ini bisa membantu Anda untuk mengevaluasi bila adanya penggunaan anggaran yang aneh. Jadi, jangan ragu untuk melakukan investasi pada software procurement.

 

Leave a Comment